admin
20-07-03 10:21:55

Sehubungan dengan perkembangan Bencana Nasional pandemi COVID 19 dan adanya potensi potensi dukungan oleh ormas asing yang terdaftar di Indonesia untuk membantu penanganan dampak COVID-19, Kementerian Luar Negeri telah menerbitkan surat edaran terkait prosedur pemberian bantuan oleh Ormas Asing terkait Pandemi Covid-19.

 

  1. Pemerintah RI menerima sekiranya ormas asing yang telah terdaftar di Indonesia hendak menyalurkan barang bantuan berupa alat kesehatan sesuai dengan daftar kebutuhan yang diterbitkan oleh BNPB atau Gugus Tugas COVID-19. Bantuan fisik tersebut diutamakan dapat disalurkan melalui PMI atau BNPB dengan dikoordinasikan kepada mitra utama dan Tim Perizinan melalui Kementerian Luar Negeri c.q. Direktorat Sosial Budaya dan OINB.
  2. Terhadap bantuan sesuai butir 1 maka tidak diperlukan perubahan atau amandemen Memorandum Saling Pengertian selama tidak merubah komposisi program berjalan yang dikerjasamakan dengan mitra utama.
  3. Dalam hal ormas asing memiliki program seperti mitigasi COVID-19 dengan kriteria: 
    • Berada di luar ruang lingkup kerja sama antara ormas asing-mitra utama;
    • Bekerja di luar wilayah kerja sama yang ditetapkan;
    • Bersifat program intervensi jangka panjang. maka penambahan ataupun perubahan dimaksud harus diatur melalui amandemen Memorandum Saling Pengertian yang dikonsultasikan kepada Tim Perizinan.
  4. Bantuan diharapkan dapat dikerjasamakan dengan mitra lokal di daerah masing-masing guna meminimalisir pergerakan antar daerah. Lebih lanjut, Tim Perizinan menghimbau agar untuk sementara pergerakan staf berkebangsaan asing dapat diberhentikan terlebih dahulu.
  5. Tim Perizinan berterima kasih atas inisiatif bantuan yang diberikan oleh ormas asing kepada masyarakat Indonesia dan tetap menghimbau untuk menekankan prinsip kehati-hatian dan memperhatikan urgensi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya. Tim Perizinan juga siap membantu memfasilitasi ormas asing dalam menyampaikan kontribusinya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian disampaikan.

a.n Tim Perijinan Ormas Asing

Kementerian Luar Negeri