admin
16-09-14 09:28:55
image1

Pada tanggal 22-25 Agustus 2016, telah dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan Sustainable Cocoa Production Program (SCPP) Swisscontact di Kab. Pidie Jaya dan Bireun, Aceh oleh Tim Monev.

Dalam kesempatan tersebut, Tim diterima oleh Bappeda Aceh, Bappeda Pidie Jaya, dan Bappeda Kabupaten Bireun. Pertemuan dihadiri oleh berbagai OPD terkait, antara lain Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Penyuluhan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop dan UKM, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh, disamping juga perwakilan dari Forum Kakao Aceh.

Kegiatan yang dilakukan dalam program SCPP antara lain adalah sekolah lapang terkait praktik pertanian yang baik (GAP), praktik gizi yang baik (GNP), dan praktik keuangan yang baik (GFP). Hingga Juni 2016, untuk Provinsi Aceh, secara keseluruhan Swisscontact telah memberikan pelatihan GAP, GNP, dan GFP kepada masing-masing 17. 547, 11.783, 4.893 petani.  Sebanyak 2.725 petani telah mengikuti program sertifikasi dan memperoleh premium fee dari kakao yang dijual melalui Koperasi Koka Jaya.