admin
16-11-01 02:09:50
image1

Pada tanggal 26-28 Oktober 2016 telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan Micronutrient Initiative (MI) di Kota Surabaya dan Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

MI merupakan INGO asal Kanada yang bergerak di bidang peningkatan cakupan gizi mikro, seperti Vit. A, garam beryodium, tablet tambah darah bagi ibu hamil dan remaja putri, dan tablet zinc untuk penanganan diare. 

Di Surabaya, Tim interkementerian mengunjungi pabrik pengolahan garam beryodium, Sumatraco, yang mendapatkan bantuan teknis dari MI, terutama untuk desain pabrik dan konsultasi mengenai mesin pengolahan garam beryodium untuk meningkatkan kapasitas produksi. Kerja sama dengan produsen garam dimaksudkan untuk scaling up cakupan konsumsi garam beryodium berkualitas di masyarakat.  

Di Kabupaten Sampang, kegiatan yang dilakukan oleh MI antara lain melakukan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan terutama terkait pencatatan dan pelaporan untuk memperkuat program yang selama ini telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan, misalnya mencatat compliance ibu hamil dalam mengonsumsi tablet tambah darah.